Seperti biasanya, hari minggu pagi adalah hari yang sangat menyenangkan bagi semua orang. terutama anak-anak. Hal juga pula yang dirasakan oleh anak-anak ku. Begitu sinar cerah matahari menyapa, dan mereka terbangun dari tidurnya, "my two super kids" langsung merangsek ke Bapak-Ibunya. Yang sebenarnya lagi memanjakan diri dengan menikmati "perpanjangan waktu tidur" saat wiken. Kali-kali aja akumulasi dari kepenatan setelah seminggu kerja bisa hilang.
Entah ide dari mana mereka memaksakan untuk "jalan-jalan di alun-alun kota. "Mau ke alun-alun Pak, lihat air mancur !!" kata si bungsu sambil terus menarik-narik tanganku. Suatu permintaan yang tidak bisa kutolak untuk kululuskan. Pikirku mungkin mereka jenuh dan ingin bermain di "open space", sambil sekaligus jajan.

Meskipun sudah agak siangan akhirnya berangkatlah kita ke alun-alun kota gresik. Yang jaraknya kurang lebih 5 Km dari rumah. Keramaian minggu pagi sudah mulai berkurang, saat kami sampai disana.
Mereka kubiarkan lepas berlarian dan bermain sesampainya disana. Seperti yang kubayangkan mereka sangat menikmati menghabiskan waktu
di sana beberapa jam . Hal ini bisa ku lihat dari keceriaan wajah mereka , walau berlumur keringat. Ya...lumayan lah...hiburan murah meriah.....pikirku.
Layaknya sebagian kota di Indonesia, alun-alun kota Gresik juga merupakan salah satu tempat nongkrong warga kota. Space yang luas untuk berlarian anak-anak, rumput hijau dan taman yang tertata rapi, banyaknya pedagang makanan dan mainan di sisi-sisinya, juga air mancur di tengah-tengahnya semakin menciptakan kesegaran suasana untuk melepas lelah.
Di hari Minggu pagi, alun-alun selalu dipenuhi dengan aktivitas warga yang ber-olah raga, ataupun yang sekedar berjalan-jalan untuk sekedar menghirup udara pagi yang masih segar. Suasana rindang dan hijau memang ditunjang dengan banyaknya pohon-pohon dan taman disekelilingnya. Ya...alun-alun yang berada di tepat tengah-tengah kota tersebut seakan menjadi "paru-paru kota" bagi warga, di antara berbagai macam pabrik yang berdiri di sekitarnya.
Susana malam minggu adalah puncak kepadatan alun-alun ini. Pengunjung dari semua sudut kota seakan tak mau menyia-nyiakan tanah lapang tersebut untuk bersantai dengan teman, maupun keluarganya. Juga keberadaan rombongan wisatawan lokal yang mampir di alun-alun setelah melakukan wisata religi, semakin meramaikan suasana.
Di seputaran kota Gresik yang tidak terlalu luas memang tidak ada "public facility" yang menawarkan hiburan dimalam hari. Lain halnya dengan Surabaya, tetangga terdekat Gresik, yang banyak dihiasi dengan beragam alternatif hiburan di malam hari. Sehingga tidak sedikit warga Gresik yang "tersedot" kesana.
Ya..alun-alun kota ini semakin hari semakin dirasakan penting keberadaannya bagi warga Gesik. Hal ini seakan juga dipahami oleh pemda setempat. Sehingga tidak heran upaya-upaya untuk semakin mempercantik keberadaannya semakin getol dilakukan. Memang kalau semua komponen dari masyarakat merasa membutuhkan, dan "memiliki" pasti semua akan ikut menjaga dan merawatnya. walaupun masih ada sekelompok kecil orang-orang yang belum menyadari hal tersebut. harapan kita semua, semoga alun-alun Gresik ini semakin cantik dan nyaman bagi semua orang, sehingga menjadi salah satu "icon" kota yang selalu ramai dikunjungi.


0 comments:

Sample Text

Powered by Blogger.

Popular Posts

Total Pageviews