Seiring dengan maraknya isu pemanasan global yang berdampak pada perubahan iklim di muka bumi, juga berkaitan dengan kampanye cinta lingkungan dan penghematan pemakaian BBM, maka kiranya tepat sekali kalau kita kita semua ikut mendukung kampanye Bike TO Work(B2W). Yang di gagas rekan-rekan kita di Jakarta semenjak tahun 2005 yang lalu.

Sebuah gagasan yang briliant yang menganjak kita semua untuk kembali sehat dengan menghidupkan lagi budaya bersepeda ke tempat kerja. tanpa ikutan menambah polusi di jalan raya yang semakin hari semakin memprihatinkan, sejalan dengan bertambahnya pemakai kendaraan bermotor/mobil akibat dari segala kemudahan yang diberikan untuk mendapatkannya.

Duhai...alangkah semakin indah dan nyamannya kota Gresik tercinta apabila sebagian besar dari warganya mau menggunakan sepeda sebagai moda transportasi ketempat kerja atau ke sekolah.
Nggak usah setiap hari(kalau mau juga boleh). Satu hari saja dalam seminggu digunakan sebagai hari bersepeda. Wuaahh...bisa dibayangkan suasana pagi yang benar-benar nyaman dan sehat akan mewarnai kawasan kota Gresik.

Terinspirasi oleh ide tersebut, maka saya pun berencana untuk ikutan B2W. Satu minggu sekali, pas hari Jum'at. So..pada hari Jum'at 4 Januari 2008 kemaren mulailah ber-B2W. Rutenya nggak jauh-jauh amat sih...Dimulai dari runah di Perum GKB hingga finish di kawasan Indro, tempat saya bekerja. Ya..jaraknya kurang lebih 10 Km lah. karena sengaja sedikit menambah jarak untuk menghindari trafic light.

Dengan mengenakan kaos sporty, celana jeans, sepatu sport, ransel, serta helm bersepeda mulai lah saya start dari rumah pukul 06:05 pagi. Melewati kawasan jalan Randu Agung dan berbelok memasuki kawasan Petro Kimia. Kemudian masuk kejalan di sebelah Petro Kayaku untuk menembus Jl. Dr Sutomo. Di sepanjang jalan itu aku merasakan rintik gerimis mulai memercik. Rute perjalanan dilanjutkan dari Dr Sutomo lewat jalan pintas menuju ke Pasar Senggol(Arief Rahman Hakim), dan saya merasakan gerimis sudah semakin membesar tapi tidak cukup kuat untuk bisa menghentikan kayuhan saya(halah...).
Sampai di Jl. Pangsud gerimis semakin lebat seakan tidak mau kalah dengan laju sepeda yang semakin saya percepat. Hingga mesaya masuk menyusuri Jl Indro gerimis lebat masih saja gigih mengikuti saya dengan ketat, menambah dingin suasana pagi walaupun sama sekali tak mampu mendinginkan tubuh saya yang hangat bercucuran keringat.
Akhirnya tepat pukul 06:30 sampailah saya di lokasi kerja. Dan dengan sedikit ngos-ngosan saya meninggalkan sepeda di tempat parkir(setelah dibantu Pak Samirin petugas Satpam yang melihatku dengan tersenyum dan sedikit segan. hehehe..)menuju ke rest room di kantor. Dan ...Thanks God....saat kaki melangkah masuk ke kantor...tiba-tiba...Bressss...hujan besar turun.....Seakan menandai kemenanganku berpacu melawan gerimis tadi. Tanpa terasa terkembang senyum kemenangan menandai my first B2W.

Salam B2W-ers




Entah karena akumulasi dari seringnya berpapasan dengan rombongan komunitas sepeda(BT community, SCC, SGCC, dll.) di setiap Minggu pagi di kawasan kota Gresik(dengan atribut lengkap mereka yang keren banget menurut saya), serta bertambahnya berat badan menjauhi kondisi ideal yang mengharuskan saya untuk segera ber peluh keringat dengan aktifitas olah raga. Dan juga gara-gara diracuni oleh mas Yusfan(komunitas Arsen: Arek Sentolang), rekan kerja di kantor yang sudah aktif bersepeda, maka dari situlah saya mulai "nafsu" untuk segera bersepeda ria dan mengambil manfaat dari aktifitas ini.

Sehingga, tentu saja atas persetujuan sang "perdana mentri" di rumah, pada akhir Desember 2007 kemarin saya berhasil mendapatkan sepeda impian, setelah hampir 16 tahun tidak pernah lagi bersepeda. Melalui pertimbangan dari mas Yusfan pula dan juga disesuaikan dengan budget yang minim dan sekiranya aman bagi dompet(halah), akhirnya saya mendapatkan polygon astroz, jenis MTB hard tail. Ya...lumayanlah untuk ukuran newbie seperti saya....

Entah "kerasukan" setan sepeda dari mana, semenjak saat itu rasanya hobi bersepeda dan segala yang berkaitan dengan itu paling banyak menyita waktu luang. Bahkan mampu lebih merebut perhatian saya dibandingkan dengan kesenangan yang lainya. Pokoknya tidak ada hari libur dan waktu luang tanpa bergaul dengan sepeda. Termasuk waktu luang untuk selalu meng-up date blog ini (hehehe...)


Salam gowes....





Sample Text

Powered by Blogger.

Popular Posts

Total Pageviews