Jalan-jalan ke Gunung Bromo hingga Ranu Pani Lumajang lewat Nongko Jajar, mata ini serasa dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Gunung, lembah nan hijau,  jurang yang curam nan elok, jembatan sempit dengan gemercik sungai bening yang ada di bawahnya,  dan kehidupan petani desa di kaki gunung merupakan harmoni yang  beriring disepanjang kiri dan kanan jalan yang kita lalui. Seakan semuanya adalah suatu orkestra alam yang tersusun  indah tanpa cacat. Maha Besar Allah dengan segala ciptaanya..... Seakan-akan ini adalah perwujudan "sorga" yang ada di bumi ini. Betapa beruntungnya orang-orang yang dapat menikmati kedamaian dan keindahan alam seperti ini setiap hari. Pesona pemadangan yang sangat indah inilah yang senantiasa bikin bibir berdecak kagum dan langsung membuat hati terhibur. Yang ada tersisa kemudian adalah gumaman kecil: " Kemana saja selama ini....kok ada daerah-daerah yang menakjubkan seperti ini terlewatkan begitu saja".




Perjalan kali ini memang melewati rute dengan pemandangan yang luar biasa indahnya. Spektakuler ! Seakan mampu menghilangkan sejenak semua kejenuhan, yang terbawa saat berangkat pagi menjelang Subuh. Terbayarkan dengan udara segar dan hijau pengunungan yang menyegarkan. Suasana  sepi yang menenangkan hati ini..
Dari Tosari perjalan diarahkan ke Puncak Penanjakan. Maksud hati ingin melihat Bromo-Semeru dari ketinggian "panggung atraksi pertunjukkan layar alam" di View Point puncak Penanjakan. Tapi perjalan dibelokkan langsung menuju Samudra Pasir Bromo oleh beberapa keamanan disana, karena kondisi puncak Penanjakan yang penuh padat oleh orang-orang yang ingin menikmati "sun rise" yang memang konon terlihat menakjubkan dari atas sana.
Setelah sejenak puas menikmati pemandangan berkeliling Samudra Pasir Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, sambil menghirup kopi panas dari gelas plastik air kemasan, perjalan kemudian dilanjutkan naik menuju ke Ranu Pani Lumajang.
Dari rute ini kita melewati hamparan bukit "Teletubis" yang indah. Dari ketinggian, Bromo dengan Samudra Pasirnya telihat dari sudut pandang yang berbeda, terhampar luas dengan amat sangat elok dan indahnya. Menjadi imbalan atas tanjakan dan kelokan serta jalan rusak yang kita lalui.
Kedamaian dan tenangnya air di Telaga Ranu Pani Lumajang membuat irama hati ini menjadi tenang, sejuk dan damai...Indah sekali. Mengingatkan akan sesuatu ..yang tak bisa terucapkan....
Di Telaga ini, di wilayah "Lumajang", diantara banyak para pendaki yang datang ataupun akan berangkat ke puncak Mahameru, kita meluangkan waktu sejenak untuk sekedar istirahat "tidur siang"(benar-benar istimewa sekali daerah Lumajang ini menurutku...Istimewa sekali...). Ranu Pani adalah pos pendakian menuju ke Puncak Semeru. Sehingga tidak heran disana banyak mobil dan motor yang diparkir oleh tim-tim pendaki yang datang dari seluruh pelosok Indonesia.
Perjalan pulang dimulai dari Ranu Pani menuju balik ke Bromo. Namun kita tetap masih menyempatkan diri untuk mampir ke "Teater Alam" Pemandangan Bromo-Semeru dan Samudra Pasirnya di Puncak Penanjakan. Untuk membayar rasa penasaran kita karena gagal di awal keberangkatan tadi.
Sampai di puncak Penanjakan, dilokasi view point, kita disambut dengan kabut tebal. Sejauh mata memandang hanya putih kabut pekat saja yang terlihat. Bagaikan tirai panggung yang belum di tarik naik saat pertunjukkan belum dimulai.
Beruntung, sejenak kemudian turun hujan yang lumayan deras. Dan tirai kabut putih yang pekat yang menutup pemandangan dari atas puncak Penanjakan rupanya menunggu hujan reda untuk ikut berlalu bersama angin dan hujan. Kemudian, inilah " the theatre of dream": one of the best mountain scenery in the world, pemandangan Bromo-Semeru dan Samudra pasirnya dari ketinggian puncak Penajakan. Seakan-akan menjadi klimaks kekaguman dari seharian menyaksikan berderet-deret keindahan dan pesona alam yang membentang sepanjang Nongko Jajar- Tosari- Bromo- Ranu Pani. Terbayar sudah segala penat yang ada di badan ini dengan semua pemandangan alam nan mempesona ini. Tak ternilai rasanya kebahagian hati ini menyaksikan pesona pemandangan alam yang demikian elok dan spektakuler. Membuat hati ini bisa tersenyum dan terasa damai dan semakin mengagumi kebesaran Allah SWT dengan segala alam ciptaannya yang sungguh luar biasa...Allahu Akbar...Subhanallah..




Sample Text

Powered by Blogger.

Popular Posts

Total Pageviews